Selasa, 03 April 2012

SHALAT SUNNAH TAHAJJUD


          Shalat sunnah Tahajjud adalah shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur terlebih dahulu. Karena arti dari Tahajjud adalah bangun pada malam hari. Afdhalnya shalat Tahajjud dilakukan pada sepertiga malam yang akhir yaitu kira-kira mulai jam 01.00 malam sampai menjelang masuk waktu subuh berdasarkan Hadist Nabi SAW : “ Perintah Allah turun ke langit diwaktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, adakah orang yang memohon ( berdoa ) pasti akan Ku kabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan Ku beri, dan adakah orang yang mengharap ampunan pasti akan Ku ampuni baginya sampai tiba waktu subuh “ ( Al Hadist ).
          Shalat Tahajjud dilaksanakan dengan Munfarid ( tanpa berjamaah ), minimal 2 rakaat danmaksimal tidak dibatasi jumlah rakaatnya sampai hampir masuk waktu subuh dan dilaksanakan setiap 2 rakaat datu salam sebagaimana Hadist Nabi SAW : “ Shalat malam itu adalah 2 rakaat, 2 rakaat apabila khawatir akan masuk waktu subuh maka berwitirlah satu rakaat saja “ ( HR Bukhari-Muslim ).

Cara melakukan shalat Tahajjud :
Niat shalat Tahajjud didalam hati diselingi dengan bacaan Tabiratul Ihram. “ Aku berniat shalat sunnah Tahajjud 2 rakaat karena Allah Ta’ala.“
  Membaca doa Iftitah.
  Membaca surat al Fatihah.
Membaca salah satu surat didalam al-Qur’an. Afdhalnya rakaat yang pertama membaca surat al Kafirun dan rakaat kedua membaca surat al Ikhlas.
  Ruku’ sambil membaca Tasbih 3 kali.
  I’tidal sambil membaca bacaannya.
  Sujud pertama sambil membaca Tasbih 3 kali.
  Duduk antara 2 sujud sambil membaca bacaannya.
Sujud yang kedua sambil membaca Tasbih 3 kali.
Setelah selesai rakaat pertama, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara yang sama diatas, kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam 2 kali dan rakaat-rakaat selanjutnya sama dengan contoh diatas.
Setelah selesai shalat Tahajjud bacalah dzikir yang mudah-mudah ( Allah-Allah-Allah ) terutama perbanyak Istighfar ( memohon ampunan ), adakan dialog batin dengan Allah, sampaikan semua uneg-uneg yang ada dalam hati, lalu tutup dengan doa. ( PDF )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar